Pengenalan Grafika Komputer
03.03.00
ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ
Grafika komputer atau dalam bahasa Inggris Computer Graphics dapat diartikan sebagai bidang ilmu dengan seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk mempelajari bagaimana menghasilkan suatu gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau pada workstation. Sistem ini terdiri dari hardware dan software yang digunakan untuk membuat sembarang objek 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D).
Perbedaan antara grafika komputer dan Image Processing
Grafika komputer menghasilkan suatu gambar
Materinya berisi teknik-teknik menggambar
Hasilnya gambar
Perbedaan photo dan gamba
Cara komputer menggambar
Layar komputer terdiri atas ribuan titik yang disebut
piksel (bentuk kotak atau bulat)
Komputer harus tahu bagaimana mengatur piksel
untuk menampilkan bentuk atau gambar
Bagaimana menggambar titik, garis, atau lingkaran
Sistem Penampil Komputer
CRT (Cathode Ray Tube)
Grafika komputer atau dalam bahasa Inggris Computer Graphics dapat diartikan sebagai bidang ilmu dengan seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk mempelajari bagaimana menghasilkan suatu gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
Perbedaan antara grafika komputer dan Image Processing
Grafika komputer menghasilkan suatu gambar
Materinya berisi teknik-teknik menggambar
Hasilnya gambar
Image Processing mengolah suatu gambar
Materinya berisi teknik memperbaiki dan menyajikan informasi
Hasilnya bisa gambar atau informasi
Perbedaan photo dan gamba
Photo dihasilkan dari capture (mengambil) gambar yang ada
Detail dari setiap obyek lengkap.
Misalnya jumlah kumis kucing pada kucing tertangkap apa adanya.
Gambar dihasilkan dari proses pembuatan atau meniru
Detail tidak lengkap.
Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer
Antarmuka pengguna. Pemanfaatan GUI (Graphical User Interface)
Perpetaan (Cartography). Peta yang disimpan dan dimanipulasi dan dilihat pada komputer
Kesehatan.
Computer Aided Design (CAD). Merancang banyak objek (seperti bagian mekanik) menggunakan grafika komputer.
Sistem multimedia.
Presentasi grafika untuk produk slide
Sistem Paint
Presentasi data saintifik.
Simulasi/pelatihan. Contoh: simulator penerbangan
Aplikasi lain. Contoh: desain jaringan logika interakstif, desain arsitektur interaktif, kontrol proses, pemrosesan citra, dll.
Elemen Gambar
Untuk menciptakan gambar dalam komputer diperlukan beberapa elemen menggunakan primitif grafik dasar.
Contoh primitif grafik dasar:
Titik
Garis
Segiempat
Lingkaran
Obyek Kompleks
Obyek kompleks dapat dibuat dengan kombinasi
dari grafik primitif.
Contoh :
Cara komputer menggambar
Layar komputer terdiri atas ribuan titik yang disebut
piksel (bentuk kotak atau bulat)
Komputer harus tahu bagaimana mengatur piksel
untuk menampilkan bentuk atau gambar
Bagaimana menggambar titik, garis, atau lingkaran
Sistem Penampil Komputer
CRT (Cathode Ray Tube)
Secara konsep, penampil komputer merupakan larik 2 dimensi (matriks)
Jumlah baris dan kolom piksel disebut resolusi layar, misalnya 1024 x 1024
Monitor berwarna mempunyai 3 phosfor berwarna yang berbeda, yaitu RGB (Red Green Blue)
Warna dibentuk dari kombinasi RGB
Jumlah total warna yang bisa ditampilkan oleh monitor ditentukan oleh jumlah bit yang digunaka untuk menyatakan warna
Jumlah bit yang digunakan disebut resolusi warna monitor. Contoh:
Monitor VGA 8 bit
Monitor advance 24 bit (8 bit untuk masing-masing R,G,B) = 16 juta warna
Sistem Koordinat
Koordinat adalah rangkaian angka untuk menentukan posisi pada suatu garis atau permukaan (2D atau 3D)
Misalnya: koordinat kartesian yang terdiri atas dua garis lurus yang disebut sumbu yaitu sumbu horisontal (sumbu-x) dan sumbu vertikal (sumbu-y)
Pada penampil komputer, juga didefinisikan sistem koordinat kartesian.
Titik asal (origin) biasanya didefinisikan pada ujung kiri-atas layar penampil
Clipping Area
Pada umunya aplikasi tidak menggangu keseluruhan ukuran monitor, tetapi hanya sebagian saja, hal ini disebut sebagai clipping area
Pendefinisian area window yang akan digunakan oleh sebuah aplikasi disebut viewport.
Piranti untuk Memaparkan Output Grafika Komputer
Keyboards
Tombol
Mouse
Graphics tablets
Joysticks dan trackballs
Knobs
Space balls dan data gloves
Data Input = Primitif Input
Strings (keyboards, suara)
Pilihan (tombol, layar sentuh)
Valuators (analouge dial)
Locator (mouse)
Ambil (pemilihan sebagian citra, ouse, lightpen)
Pemrograman Grafika Komputer
Tiga komponen untuk kerangka kerja aplikasi grafika komputer:
model aplikasi
Program aplikasi
Sistem grafik
Rapid Applications Development (RAD)
Aplikasi pengembang cepat, misalnya:
Delphi
Borland C++
Visual C++
Visual Basic
RAD memudahkan dalam pembuatan antarmuka, form, tombol, dll. Sehingga dapat membantu percepatan dalam pembuatan program aplikasi grafik.
Instalasi Glut
Download Dev C++ dan install di komputer masing-masing. http://www.brothersoft.com/dev-c++-65296.html
Install Dev C++
Buka C++
Pilih menu Tools Package Manager
klik install
Pilih paket GLUT untuk Dev C++ pada folder dimana tersimpan paket tersebut. Ikuti perintah instalasi berikutnya
sumber slide : Pengantar Grafika Komputer
G R A F I K A K O M P U T E R / P T I 2 7 5 / PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA /2 SKS
0 komentar