Ibadah dengan Hati yang Selamat

10.48.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ

Sabtu, 31 Januari 2015



Hari Sabtu di penghujung Januari, hadir bidadari cantik yang mengisi Tausiah dengan Teman "Ibadah dengan Hati yang Selamat". Bidadari itu tak lain adalah Umi Pipik yang merupakan Istri dari Alm. Ust Jefri. Mengapa saya menyebutnya bidadari? karena saya kagum dengan ketegarannya, kagum dengan ketangguhannya menghadapi masalah-masalah yang datang dari Hidupnya.

Kajian Akbar ini persembahan dari Humaira yang diadakan setiap satu bulan sekali yang bertempat di Masjid Nurul Ashri, Deresan.

Intisari dari tausiah ini adalah, Ada 7 maqom (cara) agar kita beribadah kepada Allah SWT dengan hati yang selamat.

1. Taubat 
   Taubat adalah hijrah dari sesuatu yang buruk dan tidak kembali pada sesuatu yang buruk pula untuk menjadi orang yang lebih baik. Taubat bukan hanya Istighfar,Taubat dilakukan setiap waktu,     setiap saat, karena dosa manusia setiap hari mengalir maka itu kita harus selalu bertaubat.  

2. Wara'(kehati-hatian) 
    Sebagai manusia kita hendaknya hati-hati dalam bertindak, dalam pergaulan, lingkungan, makanan, dan semuanya. Misalnya kita pergi ke suatu tempat, maka kita harus meminta izin dari suami. jika suami ridho, insyaallah Allah akan selalu menjaga kita. 
    
3. Memfakirkan diri di Hadapan Allah Swt 
    Ketika kita beribadah, kita harus merendah diri di hadapan Allah. Semua yang kita miliki adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Seperti filosofi sujud, Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri.

4. Zuhud 
zuhud adalah berpaling dan meninggalkan sesuatu yang disayangi yang bersifat material atau kemewahan duniawi dengan mengharap dan menginginkan sesuatu wujud yang lebih baik dan bersifat spiritual atau kebahagiaan akherat (g-excess.com). 

5. Tawakkal 
    Berserah diri & pasrah diri pada Allah
   
6. Sabar 
    Menahan diri dari dorongan hawa nafsu.

7. Ridho
    Rela hati menerima ketetapan yang Allah berikan






yang bikin rindu dari masjid ini adalah kolam ikan di belakang masjid yang sekarang semakin keren setelah selesai di renovasi. Ikannya besar-besar dan banyak berenang ke-sana ke-mari tiada henti. Jika melihatnya membuat hati semakin sejuk. :D

Ini jadwal Kajian Humaira The Next Month. :)


You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit