Belajar Pemrograman Web Part 1

04.53.00

Belajar Web Bagian Pertama
1.       Pengenalan Web
A.      istilah-istilah dalam Web
WWW (World Wide web) lebih di kenal dengan Web : suatu layanan penyajian informasi di internet dengan menggunakan HTML
Protokol : Standar pemrosesan yang diterima secara umum .
Protokol standar komunikasi via internet : TCP/IP
URL  (Uniform resource Locator) : konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya
Jenis protokol URL : FTP(File Transfer Protocol), Gopher, News, HTTP(HyperText Transfer Protocol)
Surfing : kegiatan mencari/menelusuri informasi melalui layanan web dalam internet.

B.      URL
Protokol://nama-host/path/namafile?query#fragment


Protokol               : jenis protokol url
Nama-host         : nama host yang dipanggil/internet orotocol (IP)
Path                       : lokasi/directori tempat file-file diletakkan di server
Nama file             : nama file yang dipanggil
Query                   : jenis query string/variabel yang biasa digunakan dalam halaman web dinamis
Fragmwnt           : menunjukkan letak lokasi tertentu dalam sebuah dokumen
URL
Layanan
Contoh
http://
Dokumen WWW
http://uny.ac.id
ftp://
Server FTP
ftp://ftp.asymetrix.com
gopher://
Server Gopher
Gopher://gopher.spandex.net
file://
File lokal & FTP
File://coba.htm
news:
Grup Usenet News
News:comp.www.announce
mailto:
E-mail
mailto:mahmudah.informatika@yahoo.com
telnet:
Telnet
telnet:unpad.ac.id

C.      Cara Kerja Web
Informasi Web disimpan dalam dokumen yang disebut web pages (halaman-halaman web)
Web page merupakan file-file yang disimpan dalam komputer(web server)
Komputer yang membaca web page disebut web client
Web client menampilkan page dengan menggunakan program yang disebut  browser web

D.      Struktur dasar

HTML merupakan format elemn-elemen struktur dokumen yang digunakan dalam web (atau WWW = world wide web). Dokumen tersebut memunyai pola dasar sebagai berikut :

<html>
<head>
<title> Pemrograman Web </title>
</head>
<body>
Kuliah Web
</body>
</html>


Ketik kode di atas di notepad [run-notepad-enter]. Setelah itu save as di tempat yang anda inginkan dengan format file .html . kemudian buka mozilla atau internet explorer, file kemudian open file tadi di tempat yang anda simpan. Akan muncul tampilan seperti ini


E.       Beberapa Tipe Elemen Block-Level untuk Teks
Type
Element(s)
Headings
H1,h2,h3,h4,h5,h6
Paragraphs
P
Block (long) quotes
Blockquote
Performatted text
Pre
Various list elements
Ol, ul, li, dl, dt, dd
Horizontal rules (lines)
hr

Contoh untuk headings :
<html>
<head>
<title> Pemrograman Web</title>
</head>
<body>
                        <h1> Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia</h1>
                        <h2> Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia</h2>
                        <h3> Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia</h3>
                        <h4> Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia</h4>
                        <h5> Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia</h5>
                        <h6> Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia</h6>
</body>
</html>

Tampilan :

Contoh paragraf :
<html>
<head>
<title> Pemrograman Web</title>
</head>
<body>
        <p> Aku bangga menjadi anak Indonesia. Anak Indonesia anak yang cerdas. Anak Indonesia anak yang kreatif, inovatif dan inisiatif. Aku akan menjaga Indonesiaku dari tangan-tangan jahil yang mencoba merusak         Indonesia ku.Aku cinta produk Indonesia. Aku cinta Batik, keroncong angklung, danlain-lain. Aku suka         gudeg, pecel, gado-gado, aku suka semua tentang Indonesia</p>                          
        <p>Indonesia kaya akn budaya yang melimpah ruah. Indonesia dst.........</p>
</body>
</html>

Tampilan :


Contoh untuk blockquote :
<html>
<head>
<title> Pemrograman Web</title>
</head>
<body>
        <p> Aku bangga menjadi anak Indonesia</p>
        <blockquote>Anak Indonesia anak yang cerdas. Anak Indonesia anak yang kreatif,                                  inovatif dan inisiatif. Aku akan menjaga Indonesiaku dari tangan-  tangan jahil yang mencoba      merusak Indonesia ku.Aku cinta produk Indonesia.
        </blockquote>
        <p>Aku cinta Batik, keroncong angklung, danlain-lain</p>
        <blockquote>Aku suka                 gudeg, pecel, gado-gado, aku suka semua tentang Indonesia Indonesia kaya akn budaya yang melimpah ruah. Indonesia dst.........</blockquote>
        <p>intinya aku Cinta INDONESIA</p>

</body>
</html>

Tampilan :



Contoh : performatted text
<html>
<head>
<title> Pemrograman Web</title>
</head>
<body>
        <p>
        <pre>
        Aku bangga menjadi anak Indonesia Anak Indonesia anak yang cerdas.
        Anak Indonesia anak yang kreatif, inovatif dan inisiatif. Aku akan menjaga Indonesiaku dari tangan-tangan jahil yang mencoba merusak Indonesia ku.
Aku cinta produk Indonesia.
        </p>
        </pre>
        <p>Aku cinta Batik, keroncong angklung, danlain-lain Aku suka gudeg, pecel, gado-gado. aku suka semua tentang Indonesia Indonesia kaya akn budaya yang melimpah
ruah. Indonesia dst.......intinya aku Cinta INDONESIA
        </p>
</body>
</html>
Tampilan :



Contoh List :
<html>
<head>
<title> Pemrograman Web </title>
</head>
<body>
<u1>
<li>Aku Cinta Indonesia</li>
<li>Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia </li>
<li>Indoesia Kaya Akan Budaya</li>
</u1>
</body>
</html>

Tampilan :


See you next Time 

You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit