Definisi Psikologi Pendidikan

07.14.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ


A. DEFINISI PSIKOLOGI
Psikologi berasal dari bahasa yunani Psyichologi (phsiche: jiwa dan logos: ilmu). Secara harfiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. Istilah psiche(jiwa) masih sulit didefinisikan karena jiwa itu bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaanya.
Definisi psikologi menurut para ahli :

1. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan bnatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung (Ensiklopedi Nasional Jilid 13 , 1990)
2. Psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya (Dakir, 1993)
3. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusiabaik selaku individu maupun kelompok dengan hubungannya dalam lingkungan. (Muhibin Syah, 2001)

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya.

B. DEFINISI PENDIDIKAN
Pendidikan berasal dari kata didik, mendidik berarti memelihari dan membentuk latihan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991) Pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Poerbakawatja dan Harahap dalam Muhibin Syah (2001), Pendidikan merupakan usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu doartikan sebagai kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap segala perbuatannya.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara sadar untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

C. DEFINISI PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Whiterington (1978), Pskologi pendidikan seagai studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor kejiwaan yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

Sumardi suryabrata (1984), Psikologi pendidikan merupakan penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.

Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.

Sugihartono.(2007).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta:UNY Press

You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit