Tugas 2 Bahasa Indonesia

19.57.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ


  1. Jelaskan bagian pendahuluan dari sebuah karya tulis ilmiah!
Jawab :
a.      Latar belakang masalah berisi penjelasan mengenai masalah dan alasan mengapa masalah tersebut perlu untuk diteliti.
Contoh: Dalam karya tulis bertema ‘Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba’,, maka latar belakang karya tulis tersebut bisa dimulai dengan memaparkan kasus tersebut bias dimulai dengan memaparkan kasus-kasus penyalahgunaan narkoba yang cenderung meningkat.
b.      Rumusan masalah : Berisi permasalahan permasalahan yang ditemukan penulis dan berkaitan dengan objek penelitiannya. Rumusan-rumusan biasanya diungkapkan dalam bentuk kalimat-kalimat prtanyaan.
Contoh :
·         Apakah dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba?
·         Bagaimanakanh cara-cara peredaran narkoba di sekitar kita?
c.       Tujuan penelitian : Berisi garis besar tujuan pembahasan dengan jelas dan tujuan ini kaitannya dengan rumusan masalah dan relevansinya dengan judul.
Contoh :
·         Untuk mengetahui dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba
·         Untuk menjelaskan seluk-beluk peredaran narkoba dan cara pencegahannya.
d.      Metodologi penelitian : Berisi mengenai metode dan teknik yang akan digunakan penulis untuk mencari atau menemukan dan menganalisis/mengolah data penelitian.
Contoh :
·         Eksperimentasi (perobaan)
·         Observasi (Pengamatan)
·         Wawancara
·         Kuesioner/engket/survei
·         Studi pustaka (sebagai pelengkap)
e.       Sistematika penulisan : Berisi pemaparan mengenai isi pokok secara garis besar dari bab pertama sampai bab terakhir dari karya tulis tersebut.
  1. Jelaskan bagian pembahasan dari sebuah karya tulis ilmiah!
Jawab :
Bab isi/pembahasan merupakan bagian pokok dari sebuah karya tulis yaitu masalah-masalah akan dibahas secara terperinci dan sistematis. Jika bab pembahasan cukup banyak, penulisannya dapat dijadikan dalam beberapa subbab.
  1. Jelaskan bagian penutup dari sebuah karya tulis ilmiah!
Jawab :
a.      Simpulan : menjelaskan yang telah diperolah dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Simpulan adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinyadengan hipotesis yang sudah ditentukan. 
b.      Saran : Berisi saran penulis kepada pihak-pihak yang terkait dengan tema penelitian.

  1. Jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah dan semi ilmiah ditinjau dari sistematika karya tulisnya!
Jawab : Ditinjau dari segi sistematika penulisan, karangan ilmiah menaati kaidah konvensi penulisan dengan kodifikasi secara ketat dan sistematis, sedangkan karangan semi ilmiah agak longgar meskipun tetap sistematis.

Dari segi bentuk, karangan tulis ilmiah memiliki pendahuluan (preliminaries) yang tidak selalu terdapat pada karangan semi ilmiah.

Contoh karya tulis ilmiah :  laporan, makalah, skripsi, tesis, disertasi
Contoh karya tulis semi ilmiah : artikel,  feature, kritik, esai, resensi

You Might Also Like

2 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit