Kupu-kupu Gajah/Ngengat (Attacus atlas)

01.42.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ



Ketika saya berjalan di sebuah koridor kampus, saya menemukan sebuah kupu-kupu raksasa sedang hinggap di tiang. warna nya cokelat sedikit ada hitamnya. Warna yang cantik dan corak yang elegan. Ini pertama kalinya saya melihat kupu-kupu sebesar ini. Subhanallah. Ciptaan Mu sungguh indah ya Rabb. 

Sering kita menyebut serangga ini adalah kupu-kupu, namun ia sebenarnya adalah Ngengat yang masih tergolong satu ordo dengan kupu kupu, yaitu ordo Lepidoptera atau serangga bersayap sisik. Mungkin kebanyakan orang belum bisa membedakan antara ngengat dengan kupu-kupu. Kupu-kupu biasanya beraktivitas di siang hari sedangkan ngengat lebih aktif pada malam hari sehingga ia disebut kupu-kupu malam. Kalo kupu-kupu ketika beristirahat ia akan menegakkan sayapnya, sedangkan ngengat ia akan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu memiliki warna corak terang sedangkan ngengat memiliki warna cenderung gelap. 

Umur kupu gajah ini sangat singkat yaitu sekitar 2 minggu setelah menetas dari kepompong. Kupu jantan mati setelah kawin, sedangkan kupu betina mati setelah bertelur. 

Ulat kupu gajah ini berwarna putih dan memakan daun sirsak/ berwarna merah dan memakan daun rambutan. kita menggenalnya sebagai ulat keket. Ulat Atacus atlas adalah ulat yang sangat berpotensial menghasilkan sutera yang bermutu tinggi. Wah, ini sip banget untuk dibudidayakan. :D


referensi : 
wikipedia.org 
http://daily-kinanti.blogspot.com/2011/04/kupu-gajah.html

You Might Also Like

2 komentar

  1. kupu-kupu gakah rupanya penghasil sutra

    BalasHapus
  2. info menarik, komentar juga ya di blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit