Pengenalan Grafika Komputer

03.03.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ

Grafika komputer atau dalam bahasa Inggris Computer Graphics dapat diartikan sebagai bidang ilmu dengan seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk mempelajari bagaimana menghasilkan suatu gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.

Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau pada workstation. Sistem ini terdiri dari hardware dan software yang digunakan untuk membuat sembarang objek 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D).


Perbedaan antara grafika komputer dan Image Processing
Grafika komputer menghasilkan suatu gambar

 Materinya berisi teknik-teknik menggambar
 Hasilnya gambar

Image Processing mengolah suatu gambar
 Materinya berisi teknik memperbaiki dan menyajikan informasi
 Hasilnya bisa gambar atau informasi 

Perbedaan photo dan gamba
Photo dihasilkan dari capture (mengambil) gambar yang ada
 Detail dari setiap obyek lengkap. 
Misalnya jumlah kumis kucing pada kucing tertangkap apa adanya. 

Gambar dihasilkan dari proses pembuatan atau meniru
 Detail tidak lengkap.

Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer
 Antarmuka pengguna. Pemanfaatan GUI (Graphical User Interface)
 Perpetaan (Cartography). Peta yang disimpan dan dimanipulasi dan dilihat pada komputer
 Kesehatan.
 Computer Aided Design (CAD). Merancang banyak objek (seperti bagian mekanik) menggunakan grafika komputer.
 Sistem multimedia.
 Presentasi grafika untuk produk slide
 Sistem Paint
 Presentasi data saintifik.
 Simulasi/pelatihan. Contoh: simulator penerbangan
 Aplikasi lain. Contoh: desain jaringan logika interakstif, desain arsitektur interaktif, kontrol proses, pemrosesan citra, dll.

Elemen Gambar
Untuk menciptakan gambar dalam komputer diperlukan beberapa elemen menggunakan primitif grafik dasar.
Contoh primitif grafik dasar:
 Titik
 Garis
 Segiempat
 Lingkaran

Obyek Kompleks
Obyek kompleks dapat dibuat dengan kombinasi
dari grafik primitif.
 Contoh :



Cara komputer menggambar
 Layar komputer terdiri atas ribuan titik yang disebut
piksel (bentuk kotak atau bulat)
 Komputer harus tahu bagaimana mengatur piksel
untuk menampilkan bentuk atau gambar
 Bagaimana menggambar titik, garis, atau lingkaran

Sistem Penampil Komputer
 CRT (Cathode Ray Tube)


 Secara konsep, penampil komputer merupakan larik 2 dimensi (matriks)
 Jumlah baris dan kolom piksel disebut resolusi layar, misalnya 1024 x 1024
 Monitor berwarna mempunyai 3 phosfor berwarna yang berbeda, yaitu RGB (Red Green Blue)




 Warna dibentuk dari kombinasi RGB
 Jumlah total warna yang bisa ditampilkan oleh monitor ditentukan oleh jumlah bit yang digunaka untuk menyatakan warna
 Jumlah bit yang digunakan disebut resolusi warna monitor. Contoh:
Monitor VGA 8 bit
Monitor advance 24 bit (8 bit untuk masing-masing R,G,B) = 16 juta warna 


Sistem Koordinat
 Koordinat adalah rangkaian angka untuk menentukan posisi pada suatu garis atau permukaan (2D atau 3D)
 Misalnya: koordinat kartesian yang terdiri atas dua garis lurus yang disebut sumbu yaitu sumbu horisontal (sumbu-x) dan sumbu vertikal (sumbu-y)


 Pada penampil komputer, juga didefinisikan sistem koordinat kartesian.
 Titik asal (origin) biasanya didefinisikan pada ujung kiri-atas layar penampil





Clipping Area
 Pada umunya aplikasi tidak menggangu keseluruhan ukuran monitor, tetapi hanya sebagian saja, hal ini disebut sebagai clipping area
 Pendefinisian area window yang akan digunakan oleh sebuah aplikasi disebut viewport.





Piranti untuk Memaparkan Output Grafika Komputer
 Keyboards
 Tombol
 Mouse
 Graphics tablets
 Joysticks dan trackballs
 Knobs
 Space balls dan data gloves



Data Input = Primitif Input
 Strings (keyboards, suara)
 Pilihan (tombol, layar sentuh)
 Valuators (analouge dial)
 Locator (mouse)
 Ambil (pemilihan sebagian citra, ouse, lightpen)

Pemrograman Grafika Komputer
 Tiga komponen untuk kerangka kerja aplikasi grafika komputer:
 model aplikasi
 Program aplikasi
 Sistem grafik

Rapid Applications Development (RAD)

 Aplikasi pengembang cepat, misalnya:
 Delphi
 Borland C++
 Visual C++
 Visual Basic
 RAD memudahkan dalam pembuatan antarmuka, form, tombol, dll. Sehingga dapat membantu percepatan dalam pembuatan program aplikasi grafik.

Instalasi Glut
 Download Dev C++ dan install di komputer masing-masing. http://www.brothersoft.com/dev-c++-65296.html
 Install Dev C++
 Buka C++
 Pilih menu Tools  Package Manager 
 klik install
 Pilih paket GLUT untuk Dev C++ pada folder dimana tersimpan paket tersebut. Ikuti perintah instalasi berikutnya

sumber slide : Pengantar Grafika Komputer 
G R A F I K A K O M P U T E R / P T I 2 7 5 / PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA /2 SKS







You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit