Museum Kars Indonesia

00.07.00


Museum Kars Indoensia Terletak di tepanya di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pacimantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Yang diresmikan pada tanggal 30 Juni 2009 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. 

Museum ini terbagi 3 Lantai. Lantai pertama yaitu Kars untuk Ilmu Pengetahuan. Ruangan ini menampilkan panel poster dan peragaan koleksi museum. Panel poster menjelaskan tentang kronologi proses pembangunan Museum Kars. 

Di lantai Dasar adalah Kars Untuk kehidupan. Di ruang ini terdapat visualisasi diorama kondisi social budaya, kehidupan masa lalu dan masa kini kawasan kars, serta dilengkapi dengan market-market kawasan kars.  Salah satu koleksi museum kars adalah Replika Manusia Kerdil, merupakan hasil rekonstruksi dari fosil tengkorak dan kerangka Homo Floresiensis yang ditemukan di Gua Liang Bua NTT yang tingginya hanya setinggi pinggang manusia modern. 

Di lantai atas ada auditorium, merupakan ruang serbaguna dengan kelengkapan perangkat tata suara, proyektor dan layar yang dapat digunakan untuk rapat, presentasi dan pemutaran film. 

Museum kars Indonesia dikelilingi oleh beberapa situs Gua dan luweng yang dapat dikelompokkan menjadi gua untuk wisata umum (Gua tembus, Gua Gilap, Gua Potro-Bunder, Gua Mrica, dan Gua Sonya Ruri) dan Gua untuk wisata petualangan (Gua Sondong dan Gua Luweng Sapen.
Waktu kunjungan
Jam operasional
Senin – kamis Pukul 08.30-15.30 WIB
Sabtu –Minggu Pukul 08.30-1530 WIB
Hari Libur Nasional Tetap Buka
Jumat Tutup  
Reservasi – 082135882334   







You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit