Cerita Liburan di Bekasi

11.10.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ




Apa yang ada dibenakmu mendengar kata “liburan”. Menyenangkan kah? Ataukah sebaliknya?

Ceritanya bermula dari sini, Gazebo FE.
Minggu pagi ada urusan sama, sebut saja dia mawar buat ngajarin daftar sbmptn. Jadilah pergi ke kampus cari wifi buat browsing-browsing. Ternyata pendaftarannya belum dibuka, akhirnya dia belajar bikin imel. Maklumlah dari desa masih rada gaptek kalo soal yang begituan, bener-bener ngajarin dari nol hho kadang berasa gregetan sih (emang ga ada warnet apa gitu ya di sana?). uups abis itu dia nanya-nanya banyak tentang dunia perkuliahan. Rasanya saya kek punya adik deh. hhhe

Siang sekitar jam 11 an ada BBM nyasar, hhha saking udah lama banget ga BBM sama mas bro. paling BBm yang penting-penting aja sih. Saya diminta ke Bekasi buat gantian jaga di RS soalnya mb saya hari senin masuk kerja. Kebetulan mami juga ke Bekasi.

Hari itu juga langsung otwe ke bekasi, gimana ga semangat kalau ke sana kan bisa ketemu mami ya sekalian ngomongin masa depan. selepas sholat dhuhur langsung siap-siap bawa baju ala kadarnya menuju ke terminal. Dari terminal jom*or jam 2.30 menuju ke terminal purworejo. Karena bus yang saya naiki bukan jurusan bekasi, jadinya saya di oper di situ dan nunggu bus jurusan bekasi sekitar 2 jam an. TT.TT (alone)

Seperti biasa, perjalanan Jogja-Bekasi menghabiskan waktu semalaman kalau diitung-itung ya 12 jam lah. Jadi kalau dari jogja sore, sampai sana pagi bisa shubuh bisa sebelum shubuh ya tergantung supir bus nya sama keadaan jalan lagi mace tapa enggak.  Hal paling sedih itu ketika ciki-ciki beserta botol minum Tupperware kesayangan saya kebawa tukang ojek T.T. karena di taruh depan dan lupa ngambil pas udah sampe rumah, ingetnya pun udah 30 menit kemudian. Entah udah sampe mana tuh tukang ojek,  saya tunggu-tunggu tukang ojeknya pun ga mbalikin jajanan saya. Tarifnya mahal plus dapet jajanan lagi. Kalau ditotal-total ya bisa buat ongkos balik Bekasi-Jogja. Tapi Yaudahlah ikhlaskan aja, jadi pelajaran aja mending naik Go-Jek kalau ke sana lagi.

Kenapa ga naik kereta aja kan lebih cepet? Ga ah rempong, saya pengennya yang sekali jalan aja langsung sampe.  Kalau naik kereta rempong di sana nya malah lebih jauh dari stasiun ke rumah. Kalau ada temennya sih ga papalah :D

Ba’da dhuhur saya cus ke Rumah sakit. Jarak dari rumah ke RS lumayan jauh, dan paling enak adalah naik gojek biar cepet sampai. Dan Itu adalah kali pertama saya naik gojek, gilaaak senam jantung pokoknya. supir gojek yelip-nyelip di antara mobil truk jaraknya tipis banget, tapi kalo ga gitu kapan nyampenya karna jalanan pada macet. Dan yang paling ngeri pas waktu ngelewatin rel kereta api, udah ga ada palang pintu, jalannya kecil nanjak. Gue Cuma bisa dzikiran dalam hati sambil berharap selamat sampai tujuan.

Sampe RS saya ketemu mami tercinta & mas bro yang terbaring lemah lengkap dengan selang infus di tangannya, hemm kasian banget ckckckkc. Dan rasanya dingin buanget ac nya, ini RS apa kulkas yaa. Untung ada jaket mas bro jadi bisa saya pake. Tapi jaketnya bau GPU sama bau keringat campur jadi satu huweeeks ga tega sebenernya make itu tapi ya apalah daya mending nahan bau daripada nahan kedinginan. Entah udah berapa lama itu jaket ga dicuci.

Susahnya di sini kalau cari makanan, rasa biasa aja tapi mahal pake banget. Kata mas bro di situ ada soto favorite  yang rasanya enak banget. Jadilah saya sama mami sarapan soto ayam kali malang, tulisannya sih soto suroboyo eh bneran loh yang jual orang jawa tapi entah orang jawa mana ga nanya. saya pesen soto+ceker+nasi pisah. Eh busyet dah nasi nya banyak banget, porsi bapak banget gitu deh, saya ngelirik punya mami yang nasinya campur, kok dikit ya., setelah berjuang keras eh tapi abis juga akhirnya. Tapi menurut saya biasa aja sih rasanya, seperti soto pada umumnya.

Well, yang nyesek itu ketika saya ke sana tapi mb malah liburan ke-Jogja. Memang sih awalnya saya diajakin buat jalan-jalan katanya mau ke pantai, ke candi, keliling jogja lah. tapi ya ga tau kan ya yang namanya musibah entah kapan datangnya. Saya kira dibatalin dia ke Jogja nya karena di situ kana da mami,gue dan mas bro aja masih sakit, tapi ternyata enggak soalnya udah dirancang jauh-jauh hari dan dia tetep pergi. Agak ngenes pas dia berangkat, ketinggalan kereta, ganti naik bus dan bus nya nabrak pengendara motor sampai tewas. HHu memang ga diridhoi sih dia pergi (bathinku).

Singkat cerita, hari ke 8 masbro keluar dari rumah sakit. Sedikit bahagia, karena mas bro udah sembuh itu artinya saya udah bisa pulang ke Jogja. Tapi katanya tar nunggu control aja baliknya terus jalan-jalan bentar. 2 hari kemudian  tibalah hari control, serumah ikut semua. Sampai di rumah sakit, Ponakan saya yang gede (8th) bilang ke saya “tante pusing” pas saya liat matanya merah, oh mungkin dia mabok darat, soalnya dia memang mabok’an anaknya kalo naik mobil entah itu jarak dekat atau jauh.

Lumayan lama controlnya karena harus cek ini itu plus nunggu dokternya. Keponakan saya mulai kedinginan dan suhu badannya panas “dingin tante” katanya, duh pas banget ga bawa jaket. alhasil saya peluk dia tapi katanya masih kedinginan. memang dingin sih di dalem RS tapi mungkin dinginnya dia beda, akhirnya saya ajak dia keluar ke Basement skalian Sholat Ashar. Di Mushola saya selimutin pake mukena.

Maghrib baru otwe pulang, tapi mampir dulu makan sate yang katanya enak pake banget dan sekalian sholat maghrib. Sampai di warung sate keponakan saya muntah-muntah entah karena masuk angin atau memang mabok badannya pun masih panas.  Karena tempat duduk yang pertama ga ada kipas dan mb ipar kepanasan pindahlah kita di meja sebelah yang ada kipasnya. Tapi ada yang aneh, mami rasanya berat mau pindah “kenapa mam?” | “jangan bilang-bilang ya saya rada pusing nanti sampai rumah kerokin ya, kalau bilang ke masmu pasti besok ga dibolehin pulang” | “nggih” kata saya. Biasanya sih masuk angin biasa. Terus mb ipar saya bilang “Lho ibuk kok pucet? Sakit apa?” | “enggak, Ga apa-apa” kata mami. Saya tahu sih, tapi cuma mesem-mesem aja, lha wong katanya ga boleh ngomong yang sebenarnya. Satenya biasa aja sih menurut saya, karena pada dasarnya lidah ini ga suka makanan manis. Soalnya sate solo, kalau sate Madura emm okelah.

Sebelum sampai rumah, mampir dulu ke dokter buat ngobatin keponakan sebut saja dia dr melati. Biasanya sih dia kalau sakit pasti radangnya kambuh soalnya dia memang rentan terserang radang (sama kek tantenya (O.O)). dan di situ dokternya nyebelin pengen gigit orangnya rasanya. Cukup Allah dan saya aja yang tahu hhhha

Minggu pagi mami gantian berobat ke dokter katanya sih tipes. Kalau tipes itu Cuma makanan tertentu aja yang boleh dimakan. Inilah suratan takdir, yang tadinya udah niat pulang hari minggu tapi ya ga tau kapan musibah itu akan datang. Saya pikir bakal get well soon ya mungkin karena makannya sedikit jadinya badannya jadi lemes banget, hari senin nya dibawa ke klinik buat diinfus. Sayangnya di sini agak jor*k tempatnya, kata mb ipar “apa jadinya kalau dirawat di sana yang ada malah sakitnya tambah parahh ntar”. Jadilah mami dirawat di rumah, terus kita diajarin caranya ganti infus kalau sudah habis. Setiap pagi ada perawat yg dateng buat ngecek dan ambil darah. Tiap hari diambil darah buat dicek, Soalnya pas cek darah pertama kali trombositnya turun sedikit takutnya kalau DB. Berhubung mas bro kerja, mb juga kerja, jadilah saya yang nganter darah ke lab. lumayan ga jauh juga sih ya sekitar 10 menit lah pake motor sampai lab. Tau ga siiih nama perawatnya sama kayak nama saya. Duh nama pasaran banget.

Ngenes nya itu ketika motor kalo ga d gas mesin mati, abis gitu ga ada starternya. Bisa bunuh diri di jalan kan ya kalau tiba-tiba mesin mati, pernah sekali mati di tengah jalan untungnya aja dibelakang itu ga ada kendaraan. Pas mas bro pulang saya tanya ke dia. “itu motor gas nya kecil banget, masak kalo ga di gas mati sendiri” | “emang iya, makanya aku mau ganti sebenernya” | “yaudah beli lagi aja, berduit jugakan ya, itu motor diwarisin ke saya aja hho” Cuma mbatin. Sediiiiih dijogja kalo ga ada motor itu. Haduhh ngarep banget sih jadi orang.

Entah hari ke berapa itu ya, saya cek darah lagi. Pas diparkiran saya jatuh tertimpa motor, tangan kanan buat nahan badan. Rasanya kejadian itu sangat cepat Cuma terjadi sepersekian detik. Aduuh malu banget diliatin orang. Alhamdulillahnya sih ga parah, Cuma agak bolong dikit nih tangan. Selesai cek darah baru kerasa agak aneh nih tangan, takut sih kalo kenapa-kenapa nih tangan. Agak lama duduk di depan lab, hemm bisa ga ya balik dengan kondisi tangan begini. Akhirnya nekat juga, tapi mampir dulu di apotek beli angkak buat naikin trombosit. Sampai rumah masih kuat dorong motor ke garasi, abis itu baru kerasa deh efeknya jatuh. Tapi aku ga cerita sih kalau jatuh, kalo cerita tar malah ga dibolehin pergi bawa motor lagi. :D

Paginya mami pengen buah. Pergilah saya beli buah depan ruko. Ternyata tukang buahnya belum ada. Set dah pas lewatin jeglongan itu rasanya di tangan ampun deh sakitnya tuh kemana-mana. Tapi masih bisa ketahan juga demi simbok apa sih yang enggak hhhe. Setelah muter-muter akhirnya dapet pisang, ya apa boleh buat papaya nya tak ada. Sampai rumah bantuin mb ipar masak, pas ngulek sambel OMG kayak ga ada tenaganya, sampe dibilang kyak gini “gimana mau nikah, ngulek bumbu aja ga bisa”. Pfffft. Saya Cuma bisa diem, jangankan ngulek sambel buat makan pake sendok aja sakit nih tangan, makan pun pake tangan kiri. Buat buka tutup gallon aja susah banget. Cobaan terberat itu kalo pas disuruh gendong keponakan yang kecil. Set dahh rasanya kayak mau putus nih tangan. Udah dikasih conterpain, koyo’ cabe, dikompres, di urut, masih belum sembuh juga. Hho ya itulah suratan takdir.

Karena trombositnya turun drastis, kamis sore akhirnya dirujuk ke RS Herm*na.  Rame banget dibagian registrasi, sebanyak inikah orang sakit? Pikirku. Ketika masuk IGD, banyak orang sakit yang pakai oxygen. Bersyukurlah masih bisa menghirup oxygen gratis dari Allah. Ada lagi anak bayi kejang-kejang kurang lebih 2 jam an lah. Sedihh banget liatnya TT.TT. rasanya pengen cepet pergi dari sini, bayangpun anak sekecil itu ditusuk-tusuk dicari pembuluh darahnya buat diinfus. Katanya sih kalo sudah kejang pembuluh darahnya jadi menyempit. Dan itu harus dilakuakan pembedahan buat cari pembuluh darahnya.  Ga tahan denger tangisannya.

Entahlah lama banget ngurus administrasi di sini, kamar pun sudah penuh mau ga mau harus dirujuk ke RS lain. Di IGD RS rujukan Dari jam 11, dan Jam 3 dinihari baru dapet kamar. Di sini juga serem, ada dede bayi yang baru lahir dirujuk ke RS ini juga entah sakit apa, kayaknya sakit saluran pernapasan. kenapa tapi ditolak.  Huhu sediih

Singkat cerita mami di RS selama 5 hari. Control hari jum’at. Itupun ngantrinya lama banget, pas diperiksa sama dokter ga ada lima menit. Setelah control karena saya belum sarapan jadinya jajan di warung depan. Hhhho

Tadinya udah bahagia, Alhamdulillah mami udah sembuh. Saya bisa pulang hari sabtunya. Eh ternyata keponakan saya yang kecil kena DB juga rawat inap di RS juga. Itu artinya saya harus tinggal sekitar semingguan di sini. DB udah kayak piala bergilir gitu, khawatir siapakah penerima piala berikutnya? Sebaik mungkin jaga kondisi badan jangan sampe drop.  


Ya begitulah liburan yang indah di rumah sakit. Hhhe
Tapi banyak juga hikmahnya di sini, bisa belajar jadi ibu rumah tangga,beresan rumah, masak,cuci piring, jaga warung. Perfect deh.

Quote “Bersyukurlah atas nikmat yang Allah diberikan, perbanyak istighfaar. Karena kita ga tau dosa kita yang mana yang sudah diampuni” 

You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit