TIPS HIDUP SEHAT ALA ANAK KOST

11.02.00

ﺑﺴﻢﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ

Sehat itu mahal harganya, kalaupun kamu punya banyak uang mau beli sehat percuma juga karena ga ada yang jual. Sehat merupakan nikmat yang diberikan Allah Subhanahuwata’ala yang wajib kita syukuri dan menjaganya agar kita menjadi manusia yang bijak. Apalagi kamu anak kost, jauh dari orangtua jauh dari saudara. Kalau sakit, paling temen yang repot. Ga mau kan ngerrepotin orang lain? Mulailah hidup sehat dari sekarang. 


1. PUASA

Minimal puasa sunnah senin kamis , atau bisa juga puasa tengah bulan 13,14,15 setiap bulan Hijiriyah, atau puasa Daud lebih utama. Puasa itu bikin sehat karena sistem pencernaanmu bisa teristirahatkan sejenak, ga ada yang namanya mati karena puasa. Selain itu dompet kamu pun juga bakal sehat asal buka puasanya jangan berlebihan. Bisa juga kamu tabung uang makan pas kamu puasa untuk sedekah. Selain kamu hemat, terus dapet pahala juga. (aamiin) asal ikhlas 

2. MAKAN SAYUR

Makanlah sayur setiap hari, minimal sekali. Atau kalau ga sempet ya seminggu sekali makan sayur. Belilah berbagai macam sayur kesukaanmu di warung terdekat, potong-potong – bersihkan kemudian rebus di dalam mejikom (bagi yang ga punya kompor) bagi yang ga punya mejikom pinjem tetangga. Simpel kan. 

3. MAKAN MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN

Jangan Cuma makan sayur doank, karena protein juga sangat diperlukan bagi tubuh. Kalau mau hemat makan tempe atau tahu, eitz jangan salah loh, tempe & tahu itu mengandung gizi tinggi ketimbang ayam dkk. 

4. MAKAN BUAH

Buah itu penting bagi tubuh, karena di dalamnya banyak mengandung vitamin. Dari pada kamu beli vitamin kemasan ya mungkin akan memberikan efek buruk dikemudian hari kalau kita sering menkonsumsinya, namanya juga obat kemasan bisa saja mengandung berbagai macam zat kimiawi. Mending beli buah, pisang, pepaya, jeruk, apel dll.

5. MINUM SUSU

Minumlah susu meski kamu ga doyan yang namanya susu, Seenggaknya seminggu sekali kamu minum susu. Beli saja susu murni, manfaat susu murni bagi tubuh banyak sekali diantaranya adalah, menjaga kestabilan tekanan darah, mencegar resiko penyakit jantung, mengurangi resiko penyakit gondok, cocok untuk menjaga kulit, manjadikan rileks dan tenang, menjaga tubuh tetap fit, membantu penyembuhan lebih cepat, sebagai penetral zat dan masih banyak lagi manfaat yanglainnya.

6. OLAHRAGA

Lakukan streching kecil-kecilan setiap hari di dalam kamar bisa atau bisa juga di depan kost sambil menghirup udara pagi yang segar, dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Biar badan tetap sehat bugar ga gampang lelah. Biar ga males juga dipagi hari. 

7. MINUM AIR PUTIH 

80% tubuh manusia mengandung air. Tapi kita sering kebalik, kebanyakan makan daripada minum. Ya Minimal minum air putih 8 gelas sehari. Satu galon ada 15 liter, target untuk menghabiskan adalah 2 minggu. Sehari kamu harus habis sekitar 2 liter lebih. Kalau sudah hampir 2 minggu masih banyak airnya, itu artinya kamu harus memaksakan diri untuk lebih giat minum air putih. Jangan sering jajan minuman manis-manis di warung/burjo apalagi diminum setelah makan, karena air putih pelarut terbaik. 

8. JANGAN LUPA SENYUM 

Senyum itu untuk sedekah jangan sampai senyum untuk tebar pesona atau malah senyum-senyum sendiri sambil liat gadget, apa lagi kalau liat gadgetnya di tengah jalan bisa saja nanti disenyumin balik sama klakson motor . “awas nabrak loh” hhhe. Katanya, senyum itu juga bisa bikin kita awet muda. Nah tunggu apalagi, daripada mager di kamar, cobalah jalan keluar tunggu orang lewat terus senyumin aja. Atau pas kamu beli makan, senyumin aja tuh yang jual. Tapi jangan over yaaa....

You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit