Bubur Sum-sum Ambeuradeull

09.02.00

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ


Iseng-iseng nyobain resep yang lumayan easy karena ga ada dapur magic com pun jadi. Sebenernya dapur sih ada tapi ga ada kompornya semenjak mb kost hijrah ke Ibu kota jadi bingung mau masak kagak ada kompor :D. Bikin bubur sum-sum memang gampang banget sih kelihatannya, tapi nyatanya kalau dipraktekan itu ga semulus apa yang ada di pikiran tapi gue tetep husnudzon kalau yang gue buat ini enak. Dulu sempet nanya ibuk cara bikinnya dan belum sempet di realisasikan, eh tiba-tiba beberapa hari yang lalu pas buka facebook muncul resep bubur sumsum. Jadi kepengen buat.
Bahan :
  1. Tepung beras rosebrand mawar               : 60 gr
  2. Santan kental                                                    : 750 cc (1 butir kelapa)
  3. Garam                                                                  : ½ sdt
  4. Gula jawa                                                            : 250 gr
  5. Air mineral                                                          : 500 cc
Cara membuat :
Masukkan tepung beras dan santan secara perlahan-lahan ke dalam panci, kemudian aduk secara merata. Lalu masukkan daun pandan. Letakkan panci ke atas kompor dan hidupkan api sedang. Aduk terus menerus  supaya tepung tidak menggumpal. Tunggu setelah meletup-meletup. Setelah itu matikan api dan dinginkan.

Ya itulah resep yang sesungguhnya. Karena Kirim pesan wa ke ardheti ga dibale-bales jadi Sore ini gue nyobain tuh resep.

Berhubung ga ada timbangan jadi gue pakai takaran kira-kira. Kalau di resep kok dikit banget ya 90 gr emang jadi banyak? Dalam pikiran sih begitu.  Jadi tepung yang tadi gue beli seberat 200 gr, gue pakai semua. Dan apa yang terjadi… kebanyakan tepung pemirsah, belum mateng tapi sudah abis airnya dan tentunya masih mentah rasanya. Akhirnya saya tambahin lagi airnya tapi masih aja berasa mentah, berkali-kali saya tambahin tapi masih berasa mentah juga.

Setengah 5 Tiba-tiba deti sms “mb maaf tadi hape ku lowbad.  ayo mb jadi kajian, ini aku otwe”
Gue : “oh iya dek, tak siap-siap dulu”
Akhirnya gue tinggal juga si bubur sum-sum yang aneh beud itu.

Sepulang kajian, gue tambah air lagi tuh si bubur sampai penuh di mejikom dan jadi banyak bangeud. Dan rasanya jadi agak mending pemirsah, lumayan sih dari pada yang tadi. Emm enak kok, nih mau ga? Kalau setelah makan bubur ini berasa sakit-perut atau pusing-pusing mual gitu gue ga tanggung jawab ya. D;    

Jadi inti nya.. jangan terlau berimprovisasi maupun berspekulasi.  Tapi tetep keep husnudzon ya… 

ini karya ku :D



You Might Also Like

0 komentar

teman

QUOTE OF THE DAY

Jatuh untuk bangkit